artikel-image

Tingkatkan Kompetensi Inspektur, Rio A. Lombone Raih Sertifikasi Qia

ARGUMEN.CO, BOLMONG – Peningkatan kapasitas diri khususnya pimpinan dalam bidang pengawasan internal terus dilakukan sosok Rio A. Lombone.

Itu dilakukan Rio mengingat hal tersebut erat kaitannya dengan jabatan yang kini dipercayakan Bupati Bolaang Mongondow kepadanya sebagai Inspektur Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong).

Terbaru, sosok low profile ini berhasil meraih Sertifikasi Qualified Internal Auditor (QIA).

Sertifikasi QIA ini sendiri adalah sertifikasi keahlian di bidang audit internal, tata kelola sektor publik, manajemen risiko, dan pengendalian internal di sektor pemerintah.

“Tentu saya bersyukur karena setelah mengikuti pendidikan dan rekognisi, dinyatakan layak menerima Sertifikasi Qualified Internal Auditor (QIA),” kata Rio ketika dihubungi usai menerima sertifikasi QIA, Jumat 21 Juni 2024.



Menurtut Rio, berbagai pelatihan dan sertifikasi yang diraih dapat meningkatkan kapabilitas atau kualitas sumber daya manusia yang semakin meningkat. “Yang pada akhirnya dapat menunjang kualitas audit yang dilakukan, baik audit rutin maupun audit dengan tujuan tertentu,” ujar Rio.

Rio menjelaskan, beberapa materi yang dibahas dalam Pelatihan dan Sertifikasi Qualified Internal Auditor (QIA) antara lain, fondasi audit internal, standar professional audit internal, perencanaan penugasan, pelaksanaan penugasan, struktur dan proses organisasi, data analitik, keterampilan personal, tata Kelola, manajemen risiko dan pengendalian. “Materi-materi tersebut sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan, di antaranya menjadi lebih memahami tentang konsep fundamental auditing, peran dan fungsi audit internal, perkembangan audit internal, tugas, wewenang dan tanggungjawab audit internal, independensi, objektifitas serta pengembangan profesi berkelajutan,” jelas Rio.

Di samping beberapa hal tersebut, kegiatan ini juga dapat menggali potensi dalam membangun sikap skeptis dan berpikir kritis, selain itu juga melatih untuk berkomunikasi interpersonal dengan baik, serta melatih kemampuan negosiasi dan berkolaborasi, serta mendalami tata Kelola, manajemen risiko dan pengendalian internal. “Tentu dengan Sertifikasi Qualified Internal Auditor  (QIA) ini, bisa meningkatkan pengetahuan dan skil dalam bekerja,” ujarnya semabari berkata “Gelas Pengetahuan agar selalu dikosongkan dan setiap gelas itu penuh maka harus berbagi agar SDM auditor bisa naik bersaing dengan daerah lainnya” Rio. (*)

Source : Argumen.co