artikel-image

Inspektorat Daerah Terima Tropi Dan Piagam Juara I Lomba Tari Dana-Dana

BOLMONG, dutademokrasi.com–  Pertama kali digelar di jajaran Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow. Dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 79, panitia pelaksana menggelar berbagai kegiatan. Salah satu yang dilombakan yaitu Tari Dana-Dana. Lomba ini dimenangkan oleh Inspektorat Daerah yang dikepalai oleh Rio Lombone.



Tarian khas daerah Kabupaten Bolaang Mongondow sengaja diikutsertakan pada peringatan HUT RI ini, untuk menggali kembali kearifan lokal daerah sebagaimana tujuan Penjabat Bupati dr. Jusnan C Mokoginta MARS dalam memimpin daerah.
“Saya sangat terharu menyaksikan penampilan tim dana-dana SKPD Bolmong. Sebuah tarian khas daerah yang dipertunjukan di Rumah Dinas Jabatan, sunggu sangat sakral karena ada adat daerah yang kita selalu junjung tinggi,” Kata Jusnan Mokoginta.
Penampilan memukau dipertunjukan oleh peraih Juara I Tim Inspektorat Daerah, dengan kekompakan gerakan serta variasi dan pakaian adat yang digunakan, mencerminkan khas Bolaang Mongondow dalam masa lampau. “Saya duduk dibawah menyaksikan penampilan, seperti kembali kejaman dulu dimana orang-orang terdahulu kita menonton disaat kita masih kecil dulu,” Ungkap Jusnan.
Adat budaya daerah seperti ini menambahkan, perlu untuk dilestarikan di daerah. “Adat itu paling terengah-engah dalam membangun suatu daerah,” Tambahnya sambil mengucapkan selamat kepada para pemenang lomba.
Diketahui, dalam perlombaan dana-dana ini, Juara I Inspektorat Daerah, Juara II diraih oleh Badan Keuangan Daerah dan Juara III diraih oleh Dinas Ketahanan Pangan.
 
Chandra Paputungan