artikel-image

Inspektorat Daerah Sukses Gelar Larwasda 2024, Rio Lombone Ungkap Hal Ini

BOLMONG – Inspektorat Daerah Bolaang Mongondow (Bolmong) sukses menggelar kegiatan Pengawasan Daerah (Larwasda) tahun 2024. 

Kegiatan yang mengangkat tema “Transformasi Digital Pengawasan dalam Membangun Tata Kelola Pemerintah yang Baik” yang sudah dimulai sejak, Rabu 31 Januari 2024 itu, berakhir pada 1 Februari 2024 di Ballroom Hotel Sutan Raja Kotamobagu.

Inspektur Daerah Bolmong Rio A. Lombone mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut menyukseskan kegiatan Larwasda tahun 2024. 

Kata Rio, jika sebelumnya pengawasan mungkin lebih fokus pada pemantauan dan penegakan aturan. Seiring waktu, peran tersebut berkembang menjadi kemitraan strategis yang lebih proaktif.

Di mana, pengawas tidak hanya melibatkan diri dalam pengawasan, tetapi juga berkontribusi sebagai mitra strategis yang membantu entitas lain untuk mencapai tujuan jangka panjangnya.

“Pergeseran paradigma dari “watchdog” ke “strategic partner” mencerminkan evolusi peran pengawasan (watchdog) dalam suatu konteks,”kata Rio.

Dalam kegiatan Larwasda 2024 itu juga, Inspektorat Daerah Bolmong meluncurkan 15 aplikasi Sistem Informasi Pengawasan Inspektorat (TEMAN Inspektorat).

Di mana, transformasi digital pengawasan bertujuan untuk menjamin penyelenggaraan pemerintahan daerah. 

Menurut Rio, Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) harus dapat menjalankan fungsinya sebagai early warning system, yang dapat mendeteksi lebih dini atas permasalahan-permasalahan yang terjadi di masing-masing instansi. 

APIP dituntut tidak hanya dapat mendeteksi permasalahan, namun dituntut untuk dapat memberikan solusi penyelesaiannya serta merumuskan langkah-langkah antisipasi agar permasalahan yang terjadi tidak terulang kembali.

“Pengawasan dan penyelenggaraan pemerintahan daerah adalah usaha, tindakan dan kegiatan yang ditujuan untuk menjamin penyelenggaraan pemerintahan daerah berjalan secara efektif dan efisien sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” ujarnya. (*)