artikel-image

Inspektorat Bolmong Lakukan Telaah Sejawat Untuk Tingkatan Kualitas Pengawasan

BOLMORA.COM , BOLMONG –  Inspektorat Daerah Bolaang Mongondow (Bolmong) melaksanakan Telaah Sejawat Ekstern (TSE) Bersama Inspektorat Kota Kotamobagu dan Inspektorat Bolaang Mongondow Utara di Hotel Sutanjara Kotamobagu, 20 Februari 2024.

Telaah Sejawat ini dengan pendampingan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan dihadiri Inspektur Daerah Provinsi Sulut Meiki Onibala selaku Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) AAIPI Wilayah Sulawesi Utara.

Inspektur Daerah Bolaang Mongondow Rio A. Lombone mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka peningkatan profesional dan kompetensi auditor. 

“Peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) yang efektif serta mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih guna mencapai tujuan organisasi,” kata Rio.

Katanya, kegiatan telaah sejawat merupakan kegiatan yang penting untuk dilaksanakan. Telaah Sejawat Ekstern (TSE) dilakukan guna mendapatkan keyakinan bahwa pelaksanaan kegiatan audit telah sesuai dengan standar audit yang ditetapkan Asosisasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) dan diharapkan mampu mendorong peningkatan kualitas serta efektivitas pengawasan intern APIP.

Dirinya menambahkan bahwa auditor harus mampu menjalankan fungsinya sebagai sistem peringatan dini serta memberikan solusi penyelesaian permasalahan yang dihadapi dalam tata kelola pemerintahan.

“APIP harus bisa mendeteksi berbagai permasalahan yang ada dan memberikan rekomendasi atas permasalahan tersebut,” ujarnya. (*)

Sumber : Bolmora.com